Service Excellent Puskesmas Kutoarjo

By Family of PPIPKA 21 Nov 2024, 12:18:04 WIB Berita Internal
Service Excellent Puskesmas Kutoarjo

KUTOARJO - Pada hari Rabu 20 November 2024 bertempat di Aula Puskesmas Kutoarjo telah dilaksanakan Sosialisasi / Paparan terkait Service Excellent / Pelayanan Prima di Puskesmas dengan narasumber oleh Kepala BKPSDM Kabupaten Purworejo, Bapak Agung Wibowo, A.P., M.M.

Bapak Agung menyampaikan bahwa Excellent Service adalah pelayanan prima yang diberikan dengan standar tinggi, berfokus pada kepuasan dan kebutuhan pelanggan (pasien). Dalam konteks Puskesmas, excellent service mencakup pelayanan kesehatan yang responsif, profesional, serta ramah terhadap pasien dan keluarga. Pelayanan prima adalah pendekatan yang berfokus pada kebutuhan dan harapan pasien. Ini meliputi komunikasi yang baik, responsif terhadap keluhan, dan penyediaan layanan yang cepat dan e?sien.

Contoh Excellent Service penting diterapkan di Puskesmas yaitu :

  1. Menyambut Pasien dengan Ramah : Setiap pasien yang datang disambut dengan senyum dan sapaan, serta diberikan informasi tentang waktu tunggu dan proses pelayanan.
  2. Pelayanan Cepat dan Efisien : Menerapkan sistem antrean yang baik dan memprioritaskan pasien darurat.
  3. Komunikasi yang Transparan : Memberikan penjelasan rinci mengenai diagnosa, pengobatan, dan biaya yang harus dikeluarkan.
  4. Memberikan Solusi yang Tepat : Memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi pasien dan memastikan pasien memahami rencana perawatannya.
  5. Follow-Up Pasca Perawatan : Memberikan informasi tindak lanjut setelah pelayanan kesehatan, seperti pengobatan lanjutan atau kontrol kesehatan.

Kehadiran Bapak Agung disambut oleh Kepala Puskesmas Kutoarjo, dr. Siti Atika Widiastuti dan seluruh staff yang tampak antusias mengikuti sharing session bersama. Bapak Agung menyampaikan bahwa perlu 2 sikap yang harus dimiliki seluruh pegawai Puskesmas dalam melakukan pelayanan sehari-hari yaitu Sabar dan Ikhlas. 2 hal tersebut mudah diucapkan namun tidak mudah dipraktekkan apalagi para pasien Puskesmas memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Sehingga dengan memiliki sikap sabar dan ikhlas maka bisa mewujudkan pelayanan optimal pada pasien dan pastinya mendatangkan pahala.

Di akhir acara Bapak Agung menyampaikan tidak ada istilah super man atau super woman dalam satu lingkungan kerja, namun dibutuhkan super team untuk mewujudkan pelayanan Puskesmas yang prima. Seluruh pegawai Puskesmas adalah setara, tidak ada yang lebih, tidak ada yang kurang, semuanya memegang peranan penting sehingga dibutuhkan chemistry dan teamwork untuk mewujudkan pelayanan Puskesmas Kutoarjo yang optimal dan maksimal.

 




Berita Purworejo


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi- informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana pelayanan kepegawaian pada BKD?
  Sangat Memuaskan
  Memuaskan
  Kurang memuaskan

Komentar Terakhir

  • avatar-1

    salmet

    selamat pagi mau tanya kapan pemnumunan tentang tatacara pendaftaran dll akan di umumkan terima ...

    View Article
  • avatar-1

    Supriyati

    Mhn maaf mau tanya formasi cpns 2018 dan tatacara serta dokumen yg harus didiapkan apakah ...

    View Article
  • avatar-1

    Fatkhurochman Bagus Prasetyo

    maaf mau tanya informasi lengkap terkait cpns kab. purworejo apakah sudah di upload di sscn? terima ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video